KAP BIG FOUR KREDIBEL ? BELUM TENTU

Masih hangat tentang berita PT Garuda Indonesia yang memiliki laporan keuangan yang cacat. Dari halaman finance.detik.com, mulai muncul komentar dari Managing Director LM FEB UI, Toto Pranoto, yang menyatakan bahwa PT Garuda Indonesia harus memilih Kantor Akuntan Publik (KAP) yang kredibel yang masuk kategori Big Four atau Empat Besar. Sontak saja pernyataan ini mencederai para akuntan publik non big four yang kredibel di Indonesia. Mereka kecewa dengan pernyataan Toto Pranoto yang dinilai mencari kesempatan untuk memojokkan akuntan publik non big four. Sebagai informasi, Akuntan yang mengaudit laporan keuangan PT Garuda Indonesia yang bermasalah adalah mantan partner Big Four.

Kasus SNP Finance tahun 2018, diaudit oleh KAP yang berafiliasi dengan Deloitte (Big Four) menyebabkan KAP tersebut dicabut izin oleh PPPK Kementerian Keuangan. Kasus Jiwasraya yang macet bayar polis di akhir tahun 2018, diaudit oleh KAP yang berafiliasi dengan PwC (Big Four). Kasus Indosat tahun 2017 tentang menara, diaudit oleh KAP yang berafiliasi dengan Ernst & Young atau EY (Big Four). Kasus Miller Energy Resources tahun 2011 di luar negeri yang diaudit oleh akuntan luar negeri yang berafiliasi dengan KPMG, bukan KAP yang berafiliasi dengan KPMG di Indonesia. Perusahaan yang disebutkan di atas adalah bukti bahwa big four tidak selamanya kredibel.

Setiap KAP dan Akuntan Publik di Indonesia telah menyatakan integritasnya untuk menjadi akuntan yang kredibel sehingga setiap bulan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) selalu memberikan Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) kepada para akuntan publik untuk meningkatkan kredibilitasnya. Akuntan publik setiap tahun wajib mengikuti minimal 40 (Empat Puluh) SKP PPL.

Kredibel atau Tidak Kredibelnya seorang Akuntan Publik adalah keputusan dari pribadi akuntan itu sendiri. Meskipun akuntan publik tersebut bekerja di KAP yang berafiliasi dengan Big Four , bukan berarti akuntan publik dan KAP tersebut sudah kredibel.

Source :
https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-4604185/laporan-keuangan-cacat-garuda-perlu-pilih-akuntan-kredibel?fa=detik.callback&code=cQsZ3uBdGvsnxqtloMmrOzlKs1qclU