Jasa Audit Kantor Akuntan Publik Mahal ? Mengapa?


Opini / Laporan Auditor Independen atas Laporan Keuangan adalah salah satu syarat bagi sebuah badan usaha jika ingin melakukan transaksi dengan pihak-pihak yang memiliki kepentingan. Pihak yang memiliki kepentingan (Stakeholder) menginginkan laporan keuangan yang valid dan dapat diandalkan untuk mengambil sebuah keputusan. Laporan keuangan adalah gambaran mengenai kondisi perusahaan.

Laporan Auditor Independen atau Opini Akuntan Publik adalah output / hasil pemeriksaan dari kebenaran dan kelengkapan atas laporan keuangan tersebut. Meskipun hanya menghasilkan selembar atau beberapa lembar , namun proses yang harus dilalui untuk output tersebut sangat panjang.

Manajemen perusahaan yang bertanggungjawab atas laporan keuangan biasanya ingin proses audit yang mudah, opini yang bagus dan harga jasa audit yang murah. Namun jika ini diterapkan, hal ini akan sangat bertolak belakang dengan Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP). Kualitas audit menjadi rendah dan laporan keuangan tersebut menjadi tidak bisa diandalkan oleh pemangku kepentingan atas laporan keuangan.

Setiap Kantor Akuntan Publik (KAP) diwajibkan memenuhi Standar Pengendalian Mutu (SPM) agar KAP tersebut dapat dipercaya oleh publik. Meningkatkan SPM berarti juga meningkatkan benefit / gaji yang diterima oleh staf auditor yang bekerja di KAP tersebut. Staf auditor diwajibkan mengerti dengan baik Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dan Standar Audit (SA).

Staf auditor yang berpengalaman dan memiliki pengetahuan yang baik memiliki harga jual yang tinggi. Setiap auditor diwajibkan untuk mengikuti Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) selama Empat Puluh (40) Jam yang diselenggarakan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dengan biaya yang tidak murah. KAP dan Akuntan Publik (AP) yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) diwajibkan membayar pungutan negara tahunan yang tidak murah. Proses audit yang dilakukan terdiri dari tahap perencanaan, penilaian resiko, respon resiko yang biasanya membutuhkan waktu minimal 1 (satu) bulan. KAP juga harus mengeluarkan biaya-biaya kantor lainnya dimana KAP berdiri. Inilah yang menjadi alasan fee jasa audit KAP mahal.

KAP tidak boleh menurunkan fee audit dibawah standar yang kemungkinan akan membuat kualitas audit dan kualitas KAP menjadi rendah. Harga jasa audit laporan keuangan berbanding lurus dengan kualitas audit tersebut, namun bukan berarti harga jasa audit yang terlalu tinggi pasti dapat diandalkan.

Kami, KAP Sahat MT & Rekan, selalu memberikan harga yang jujur untuk setiap jasa audit yang kami berikan. Fee yang kami tawarkan juga kami sesuaikan dengan besarnya klien yang memakai jasa kami. Kami selalu menyesuaikan standar audit kami dengan yang berlaku di Indonesia, sehingga klien yang langsung datang ke kantor dan melakukan perikatan audit dengan kami tidak akan merasa kecewa dengan pelayanan kami.

Bagi anda yang ingin menggunakan jasa kami, silahkan hubungi kami di 021-3452285 atau info@sahatmt.co.id