Penerbitan Standar Audit (SA) 701 serta Revisi SA 706, 710 dan 720

Pada awal tahun 2020, Dewan Standar Profesional Akuntan Publik (DSPAP) berencana segera menerbitkan SA 701 tentang “Pengomunikasian Hal Audit Utama dalam Laporan Auditor Independen”, merevisi SA 706 tentang “Paragraf Penekanan Suatu Hal dan Paragraf Hal Lain dalam Laporan Auditor Independen”, merevisi SA 710 tentang “Informasi Komparatif-Angka Koresponding dan Laporan Keuangan Komparatif” dan merevisi SA 720 tentang “Tanggung Jawab Auditor atas Informasi Hal Lain”.

Pemutakhiran SA ini mengacu pada Handbook of International Quality Control, Auditing, Review, Other Assurance and Related Services Pronouncements yang diterbitkan oleh the International Auditing and Assurance Standards Board – International Federation of Accountants pada tahun 2018.

SA 701 yang akan diterbitkan oleh Dewan Standar adalah untuk meningkatkan nilai komunikatif laporan auditor dengan memberikan transparansi yang lebih baik atas audit yang telah dilaksanakan. Komunikasi mengenai hal audit utama digunakan untuk memberikan informasi tambahan kepada pengguna laporan keuangan yang dituju dan membantu dalam hal yang menurut pertimbangan profesional auditor adalah paling signifikan dalam audit atas laporan keuangan periode berjalan. SA ini juga dapat membantu pengguna yang dituju untuk mamahami area pertimbangan yang signifikan dalam laporan keuangan yang diaudit.

SA 701 bukanlah pengganti untuk pengungkapan dalam laporan keuangan, pengganti bagi auditor dalam menyatakan opini modifikasian ketika kondisi dari suatu perikatan audit mengharuskan modifikasi sesuai SA 705
(Revisi), Pengganti untuk pelaporan ketika terdapat suatu ketidakpastian materialitas dan keraguan signifikan atas kelangsungan usaha dan bukan opini terpisah tentang hal-hal individual.

Tahun 2019 telah berlalu dan perusahaan diwajibkan untuk segera menyampaikan laporan keuangan Tahun Buku 2019 yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik yang terdaftar di Indonesia kepada stakeholder dan shareholder. Bagi anda yang membutuhkan jasa audit laporan keuangan / General Audit, jasa asurans lainnya,jasa konsultasi laporan keuangan serta jasa konsultasi manajemen lainnya, dapat menghubungi kami melalui telepon 021-3452285 atau email kami di info@sahatmt.co.id.