QR Code pada Laporan Audit dan Asurans KAP Sahat MT & Rekan

Demi menjaga kualitas profesi dan kredibilitas akuntan, Kantor Akuntan Publik Sahat MT & Rekan (member of Clarkson Hyde Global) telah mencantumkan QR Code untuk setiap laporan audit dan laporan asurans lainnya mulai 1 Mei 2020.

Apa itu QR Code?

“Quick Response Code” (QR Code) adalah sebuah kode matriks yang dikembangkan oleh Denso Wave. Denso sebuah perusahaan Jepang pada tahun 1994. Awal mula dibuatnya QR Code adalah karena terbatasnya fungsi Barcode yang hanya memuat dua puluh (20) angka alfanumerik. Pengembangan QR Code, Masahiro Hara, mengembangkan QR Code ini yang berbentuk sebuah kotak. Kode tersebut dapat dibaca secara vertikal atau horisontal. Dikembangkan selama satu setengah tahun dan akhirnya terbentuklah kode yang dapat menyimpan data numerik, kanji, kana, alfabetis, simbol hingga kode biner. Kode ini dapat menyimpan lebih dari tujuh ribu karakter numerik, 4296 karakter alfanumerik, 2844 byte kode biner dan hampir dua ribu karakter huruf kanji. Kode ini dapat dengan mudah dibaca melalui smartphone sehingga masyarakat dapat mengetahui isi kode tersebut. QR code¬†yang dipakai untuk laporan audit dan asurans adalah jenis Static QR Code.

QR Code yang tercantum dalam laporan audit dan asurans yang diterbitkan oleh Kantor Akuntan Publik Sahat MT & Rekan telah terintegrasi dengan website perusahaan. Setiap stakeholder, pengguna jasa dan pemakai laporan keuangan dapat dengan mudah mengecek keaslian laporan tersebut. Nomor laporan auditor independent yang memiliki QR Code dipastikan telah masuk dalam database PPPK (Pusat Pembinaan Profesi Keuangan) Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Mengapa perlu QR Code dalam Laporan Kantor Akuntan Publik ?

Langkah ini juga ditempuh demi meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Kantor Akuntan Publik Sahat MT & Rekan serta mencegah terjadinya laporan palsu yang mengatasnamakan Kantor Akuntan Publik Sahat MT & Rekan. Selain memberikan training kepada setiap staf kami demi menjaga standar pengendalian mutu (SPM), dengan adanya QR Code tersebut juga membuat SPM semakin terjaga.

Kami menyediakan jasa audit dan asurans atau jasa lainnya di bidang akuntansi, manajemen dan keuangan. Apabila anda membutuhkan jasa tersebut, dapat menghubungi kami melalui email info@sahatmt.co.id atau telepon 021-3452285 ext. 100.