Laporan Keuangan Berkualitas di Masa Pandemi Covid-19

Adanya pandemi covid-19 yang mengakibatkan ekonomi di Indonesia mengalami resesi, membuat investor semakin berhati-hati mengambil keputusan. Investor dan Stakeholder sangat mengharapkan laporan keuangan yang dapat diandalkan dalam situasi saat ini. Manajemen harus melakukan pengungkapan atas dampak pandemi ini di dalam laporan keuangan dengan jelas dan benar. Akuntan Publik yang melakukan audit laporan keuangan juga perlu memberikan fokus pada hal ini.

Laporan keuangan emiten menggunakan Pernyataan Standar Akuntasi Keuangan berbasis IFRS atau biasa disebut Standar Akuntansi Keuangan Umum (“PSAK”). Beberapa hal yang akan berdampak adalah PSAK 1, PSAK 8, PSAK 3, PSAK 14, PSAK 25, PSAK 26, PSAK 46, PSAK 24, PSAK 53, PSAK 57, PSAK 61, PSAK 68, PSAK 48, PSAK 71, PSAK 72 dan PSAK 73.

Beberapa yang akan menjadi perhatian investor dan stakeholder adalah mengenai bagaimana nilai aset perusahaan, bagaimana entitas mengelola pandemi ini dan bagaimana informasi terkini mengenai perusahaan.

Pengungkapan yang tepat menjadi kunci dari laporan keuangan yang berkualitas. Pemangku kepentingan perlu mengetahui mengenai kelansungan usaha perusahaan, penurunan nilai aset keuangan dan non keuangan, peningkatan kerugian kredit ekspektasian atas penerapan konsep “forward looking”, penilaian dan penyajian saldo persediaan karena kemungkinan nilai realisasi bersih dibawah biaya produk, apakah seluruh pendapatan dapat ditagih, pemulihan saldo pajak tangguhan dan apakah terdapat insentif sewa sehingga membuat arus kas keluar dapat dikurangi.

Selain itu kapitalisasi biaya pinjaman juga menjadi perhatian terutama untuk perusahaan konstruksi atau real estate. Dampak peraturan yang diberikan perbankan, pemerintah dan Otoritas Jasa Keuangan (“OJK”) juga menjadi perhatian investor sehingga diperlukan pengungkapan yang benar dalam laporan keuangan.

Dengan adanya laporan keuangan berkualitas, maka laba atau rugi dan posisi keuangan perusahaan akan dapat terlihat lebih jelas sehingga dapat diandalkan bagi para pembaca laporan keuangan. Maka dari itu, Akuntan Publik atau Auditor yang melakukan audit laporan keuangan perlu dengan teliti dalam memeriksa pengungkapan laporan keuangan yang disediakan oleh manajemen.

PT Dinamika Konsultindo Perkasa & KAP Sahat MT & Rekan (an Indonesian member firm of Clarkson Hyde Global) adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa asurans seperti jasa review laporan keuangan historis, jasa audit laporan keuangan historis, jasa asurans lainnya, jasa konsultasi PSAK serta jasa konsultasi terkait akuntansi, manajemen dan keuangan.

For further information, feel free contact us via email info@sahatmt.co.id or call us at 021-3452285.