Bersiaplah Untuk Bermigrasi ke SAK Entitas Privat

Pada tanggal 14 Februari 2021, Dewan Standar Ikatan Akuntan Indonesia (DS-IAI) menerbitkan Draft Exposure (DE) Standar Akuntansi Keuangan Entitas Privat (SAK EP). Standar akuntansi keuangan ini ditujukan untuk mengganti kehadiran SAK Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (ETAP) yang telah dikeluarkan pada tahun 2009.

Isi dari SAK EP hampir sama dengan IFRS for SMEs. Di dalam SAK EP, telah diatur hal mengenai laporan konsolidasian, laporan posisi keuangan, laporan penghasilan komprehensif dalam laba rugi, instrumen keuangan, investasi pada perusahaan asosiasi, properti investasi, kombinasi bisnis, provisi dan kontinjensi, biaya pinjaman, pembayaran berbasis saham, pihak berelasi, hiperinflasi dan peristiwa setelah akhir periode pelaporan.

Tujuan dibuatnya SAK EP ini adalah agar para pengambil keputusan dapat dengan mudah memahami laporan keuangan dan tidak perlu meminta laporan khusus untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Dengan demikian kualitas laporan keuangan SAK EP lebih baik dibandingkan SAK ETAP yang telah ada.

SAK EP yang akan diberlakukan di tahun 2025 ini (penerapan dini diperkenankan di tahun 2022) dapat dikonsolidasikan dengan laporan keuangan perusahaan anak yang menerapkan SAK Umum berbasis IFRS. Perusahaan holding yang sebelumnya menggunakan SAK ETAP dan tidak memiliki kewajiban melakukan konsolidasi anak perusahaan harus beralih ke SAK EP.

Perubahan SAK ETAP ke SAK EP kemungkinan akan menaikkan biaya penyusunan laporan keuangan bagi perusahaan yang saat ini menerapkan SAK ETAP di dalam laporan keuangannya karena diperlukan akuntan yang kompeten dalam melakukan penyusunan SAK terbaru ini. Dengan adanya perubahan ini,  Perusahaan juga harus menaikkan anggaran biaya audit laporan keuangan tahunan.

Dengan demikian, peran akuntan publik diharapkan dapat menjadi jembatan dalam sosialisasi SAK ini kepada auditee, calon auditee atau Perusahaan.

Jika Perusahaan anda membutuhkan Jasa Audit Laporan Keuangan, Jasa Akuntansi dan Pajak, Jasa Penyusunan Laporan Keuangan atau Jasa Manajemen lainnya, anda dapat menghubungi kami di 021-3452285 ext.100 atau melalui email info@sahatmt.co.id.

Need Our Services? Chat with us via Whatsapp